Sabtu, 30 Januari 2016

PENGERTIAN TELEPON OPERATOR DAN CONVERSATION



TELEPHONE OPERATOR


PENGERTIAN TELEPHONE OPERATOR
Operator adalah salah satu bagian penting yang potensial memberikan image kepada Customer pertama kali dalam menilai / melihat hotel kita. Penilaian itu akan langsung di berikan tamu tatkala kita menyampaikan Greeting dan kecepatan dalam mengangkat telepon. Operator bertugas menerima/menyambungkan telepon, baik ditujukan untuk karyawan hotel, maupun tamu hotel .


Adapun layanan komunikasi yang biasanya diberikan oleh pihak hotel / telepon operator adalah :
o  Menangani/ menjawab sambungan telepon masuk (Incoming Call)
o  Menangani panggilan telepon keluar (Outgoing Call)
o  Memberikan layanan pengiriman dan penerimaan faksimili
o  Memberikan layanan akses internet (wire atau spot)
o  Memberikan layanan bangun pagi (wake-up call/morning call)
o  Memberikan layanan informasi (hotline)
o  Memberikan layanan pemutaran hiburan film dan musik ( cuma - cuma atau pasca bayar ) di kamar tamu dan musik di area publik di hotel
o  Memberikan layanan komunikasi di dalam hotel (House Call)
o  Menangani panggilan telepon darurat dan ancaman telepon ( emergency call )
o  Menangani panggilan pesan di hotel dan pengaturan parkir kendaraan melalui pengeras suara


STANDART GREETING.
External call : Selamat pagi/siang/sore/malam……
                        The sun hotel, dengan….(sebutkan nama), ada yang bisa kami bantu?
Internal call  : Selamat pagi/siang/sore/malam…..
                        Operator,  dengan….(sebutkan nama), ada yang bisa kami bantu?


CONVERSATION HANDLING TELEPHONE MESSAGE
• CONNECT (Bila tamu ada di kamar)
R : Good Morning, (name of hotel) hotel, (Telephone operator name )speaking, can I help you?
G : Yes My Name’s Peppy, could u put through to Mr. Nana in room 103??
R : Hold the line please, I’ll try to connect you,Thank you
G : You’re welcome
• DISCONNECT (Bila tamu tidak ada di kamar)
R : Good Morning, Melati hotel, can I help u?
G : Yes My Name’s Peppy,can I speak to Mr. Nana in room 103??
R : Hold the line please, I’ll transfer ur call to his room
G : Thank you
R : Thank you for waiting, I’m sorry the line is engage, would u like to wait or leave a message
G : Could u just tell him to he’s meeting in restaurant at seven a.m
R : Certainly, I’ll repeat ur message that he’s meeting in restaurant at seven a.m
G : Yes
R : I’ll pass on our message to Mr .Nana as soon as possible
G : Thank you
R : Thank youfor calling Melati hotel / Thank you for your call

Tidak ada komentar:

Posting Komentar