Sabtu, 23 Januari 2016

Tugas dan Tanggung Jawab Di Masing-Masing Jabatan Di Departement Housekeeping



Tugas dan Tanggung Jawab Di Masing-Masing Jabatan Di Departement Housekeeping
1.      Eksekutive  Housekeeper
a.      Melakukan rekrutment karyawan, mewawancara, melatih serta mengawasi serta melakukan penilaian, evaluasi atau teguran terhadap karyawan secara berkala.
b.      Menyusun dan menyiapkan program kerja, anggaran dan standar operating procedure Housekeeping.
c.       Memberi penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dilakukan karyawan di bagian Housekeeping.
d.      Membantu Room Division Manager dan General Manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab housekeeping, terutama di kamar tamu dan public area.
e.       Melakukan pengontrolan dan pengawasan  permintaan barang atau pembelian barang-barang yang diperlukan dalam operasional sehari-hari di housekeeping.
f.       Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan.
g.      Menjalin kerjasama dan komunikasi dengan department lain di dalam hotel.



2.      Assistant Eksekutive Housekeeper
a.      Bertanggung jawab terhadap operasional sehari-hari atau melakukan penyelesaian  masalah yang terjadi dan berkonsultasi kepada Eksekutive Housekeeper.
b.      Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus di jalankan oleh karyawan di Housekeeping.
c.       Menyusun jadwal kerja yang di sesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berpengaruh pada occupancy (tingkat hunian kamar).
d.      Membantu Executive Housekeeper terhadap penyusunan program perawatan dan perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab Housekeeping, terutama di kamar tamu dan pubic area.
e.       Melakukan pengontrolan dan pengawasan persediaan atas barang yang diperlukan dalam pengoperasian sehari-hari di Housekeeping.
f.       Menjalankan tugas yang di berikan Executive Housekeeper atau Room Division Manager.
3.      Housekeeping Supervisor
A. Room Supervisor
a.      Melakukan morning briefing di awal shift dan memberikan pengarahan mengenai pekerjaan kepada roomboy dan room maid.
b.      Menerima Laporan dari Front Desk informasi tamu kamar yang EA,  ED, atau status lainnya yang di distribusikan  ke roomboy atau room maid.
c.       Melakukan double check untuk  kamar-kamar yang telah dibersihkan roomboy oleh dan akan siap jual.
d.      Mencatat dan melaporkan mengenai serta hasil perbaikannya.
e.       Memberikan pengarahan tentang prosedur kerja dan instruksi kepada roomboy and room maid sesuai standar hotel.
f.        .Bertanggung jawab atas persediaan Cleaning Supplies, Guest Supplies dan semua storage serta membuat  log inventory linen, guest supplies, dan cleaning supplies
g.      Menerima laporan kerusakan dan membuat work order.
h.      Menghandle Lost and Found.
i.        Membuat time schedule.
j.        Memberikan perhatian khusus untuk kamar-kamar VIP dan complimentary.
k.      Bila terjadi hal yang tidak semestinya, dan bukan merupakan kewenangannya maka diharuskan report ke Assistant Executive Housekeeper atau Executive Housekeeper.

A.     Public Area Supervisor
a.      Melakukan briefing diawal dan diakhir pekerjaan dan memberikan pengarahan mengenai standar kerja dihotel kepada houseman.
b.      Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan dihotel.
c.       Mengawasi pekerjaan houseman dan mengecek area umum sesuai dengan standar kerja dihotel.
d.      Memeriksa daftar kehadiran Staff public area setiap hari.
e.       Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan oleh Staff pada hari itu.
f.       Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
g.      Membuat laporan Maintenance order  kepada Engineering dan menindaklanjuti area-area, fasilitas atau peralatan yang mengalami kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
h.      Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
i.        Membuat timeschedule
j.        Membuat program pelatihan (training program)  terhadap  Staff Public area secara rutin.
k.      Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public area Housekeeper atau Executive Housekeeper/Assistant atau Floor Housekeeper.
  5.         Linen Attendant
Seksi linen mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
1)      Menyediakan, merawat, memelihara, merapikan, mengawasi dan menyimpan linen yang diperlukan.
2)      Mengatur pendistribusian linen.
3)      Menjalin hubungan kerja sama.
4)      Mengatur atau membuat pengajuan penambahan pengadaan linen.
5)      Mengirimkan linen kotor ke laundry untuk dicuci dan mengambil linen bersih.
6)      Melaksanakan penyusunan berbagai laporan.

     6.         Room Attendant
1)      Mengecek semua kamar pada permulaan shift-nya dan membuat Room Boy Sheet mengenai situasi kamar ssuai dengan kode yang telah ditentukan.
2)      Mengambil linen atau towel, cleaning supplies, guest supplies dan perlengkapan atau peralatan kerja lainnya, kemudian diatur ke trolley dan lain-lain.
3)      Mengontrol inventaris, kondisi kebersihan dan kelengkapan setiap kamar di flor-nya masing-masing.
4)      Membersihkan, mengganti dan melengkapi sesuai standard :
a.       Bed room.
b.      Bath room.
c.       Furniture dan kelengkapan kamar lainnya.
5)      Making bed.
6)      Mengganti linen atau towel yang kotor di setiap kamar.
7)      Vacuum cleaner, mengepel lantai untuk kamar-kamar tanpa karpet.
8)       Melaporkan segala kerusakan, kehilangan, kejadian yang tidak semestinya kepada FO dan HK Supervisor.
9)      Menolong Valet (Laundry) untuk mengumpulkan cucian tamu yang dilaundrykan.
10)  Menolong Room Service mengeluarkan piring atau alat makan yang kotor.
11)  Mengembalikan linen atau towel, sisa guest supplies, cleaning supplies, cleaning equipment ke Linen Room / Roomboy Station Floor masing-masing.
12)  Membersihkan atau mengatur kembali trolley.
13)  Menerima atau melaksanakan perintah atasan.
14)  Bekerja sama yang baik dengan rekan kerja di Department HK dan Department lainnya.
  8.      Public Area Attendant
1)      Melakukan handing over dengan Night Cleaner pada saat memulai kerja, dan handing over dengan Public area Attendant Shift sebelumnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
2)      Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
3)      Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
4)      Membersihkan lantai dengan Sweeping dan Mopping.
5)      Membersihkan restaurant atau F&B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.
6)      Membersihkan kaca dan jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain.
7)      Mengosongkan tempat sampah di area umum.
8)      Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
9)      Menjaga kondisi seluruh area tetap bersih dan rapi.
10)  Melapor pada Public area Supervisor apabila ada kerusakan yang terjadi di area.
11)  Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section, seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
12)  Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
13)  Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan Supervisor atau Housekeeper.
14)  Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
  9.      Gardener
1)      Membersihkan, merawat dan menata seluruh tanaman baik yang ada di dalam pot maupun di taman.
2)      Membersihkan, merawat dan menata atau memotong semua rumput yang ada di area taman rumput (garden).
3)      Mengembangkan, memelihara dan menata tanaman untuk kebutuhan Mini Garden.
4)      Menyapu dan membersihkan seluruh halaman atau area parkir tamu hotel.
5)      Membuang sampah yang ada di setiap Tong Sampah ke tempat Bak Sampah yang telah tersedia di Utility belakang.
6)      Membersihkan dan memelihara semua peralatan kerjanya.

  10.  Pool Attendant
1)      Menjaga kebersihan pool.
2)      Men set-up long chair dan umbrela.
3)      Mencatat setiap pengambilan pool towel dan pengiriman soiled.
4)      Menjaga pool counter.
5)      Menjaga kebersihan di area pool

5 komentar:

  1. sip...terima kasih atas materinya

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas ilmunya . Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Vimeo Videos – YouTube | Videoodl.cc
    Vimeo Videos. Vimeo videos – YouTube - Free Vimeo Videos Videos videos. Vimeo Videos - youtube mp3 The History and Beginning of Vimeo. Vimeo Videos

    BalasHapus
  4. What are the best slots, casino and how do you get
    When you think the slot machines are the 목포 출장샵 best 강릉 출장샵 way to 김제 출장안마 go, look at the games with 울산광역 출장마사지 best games, most importantly, 나주 출장마사지 your options for winning. Slot

    BalasHapus